Jumat, 22 Februari 2013


Kapal Selam : Sejarah dan Alusista Indonesia

Judul :Kapal Selam : Sejarah dan Alusista Indonesia. Label:  .
Sejarah Kapal Selam

Kapal selam adalah salah satu alusista yang menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh negara-negara yang memiliki wilayah laut. Sebagai kapal yang bergerak di bawah permukaan air, pada umumnya kapal selam digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Kini penggunaan kapal selam tidak sebatas untuk kepentingan militer, namun juga untuk penelitian pengetahuan laut dan air tawar yang tidak bisa dijangkau oleh penyelaman manusia karena kedalamannya termasuk penilitian untuk bisnis.

Pemikiran awal untuk membuat kapal selam muncul pada tahun 1578. William Bourne, seorang ahli matematika, merancang sebuah kapal dilapisi oleh kulit yang kedap air. Kapal ini dimaksudkan dapat didayung di dalam air, karena waktu itu belum dikenal adanya mesin.

Tapi kapal ini gagal diwujudkan. Gagasan serupa diteruskan oleh orang Jerman pada tahun 1620. Pembuatnya bernama Cornelis Drebbel, membuat kapal yang berhasil menyelam sedalam 360 sampai 450 centimeter, didayung oleh 12 orang.


Kapal selam sederhana tanpa dayung serta peralatan yang lebih maju dimulai oleh seorang anak sekolahan d Yale (Amerika Serikat), David Bushnell. Kapal selam ciptaannya berbentuk seperti telur, terbuat dari kayu.

Perlengkapan utamanya adalah pipa pernapasan ke atas permukaan air, baling-baling yang diputar dengan tenaga tangan, tangki yang mengelola daya apung dan tenggelam kapal selam ini (bila ingin menyelam, beberapa tangki diisi air lewat katup yang dapat diatur dengan kaki dan bila timbul ke atas air, air ini dipompa keluar dengan tangan), kompas dan sebuah pemberat agar kedudukan kapal tetap. Karena kapal ini kemudian dipergunakan untuk perang, maka kapal ini juga diperlengkapi dengan torpedo. Padahal ini baru tahun 1775 !? 


Namun kapal selam yang pertama kali dibuat di dunia secara nyata bukanlah berasal dari perang dunia, melainkan dari perang saudara di negara Amerika Serikat. Berikut sejarahnya:


Kapal selam pertama diciptakan oleh Horace Lawson Hunley yang tujuannya adalah untuk menggempur kapal perang musuh baik itu yang membawa perbekalan maupun peralatan dan prajurit perang. Hunley dibuat secara sembunyi-sembunyi oleh negara konfederasi Amerika. Didesain dengan mesin uap bermesin silinder yang termutakhir pada jaman itu dan dipersenjatai sebuah torpedo. Dengan berawak 9 orang pada 17 Agustus 1864, untuk pertama kalinya, Hunley menghancurkan armada kapal tempur yaitu USS Housatonic yang menewaskan 5 orang awak di dalamnya. Akan tetapi saat menembak torpedo, terjadi turbulensi atau goncangan hebat pada H.L. Hunley dan menghancurkan 9 orang awak di dalamnya. Hunley hilang dan ditemukan kembali di tahun 1900. Di tahun 2000 Hunley dibersihkan kembali. Lalu pada tanggal 12 Januari 2012, pembersihan bangkai H.L. Hunley dibersihkan kembali agar terawat dengan baik.


Kapal Selam Pertama




Kapal selam dengan penggerak bukan manusia dimulai oleh Robert Fulton. Ia menggunakan mesin uap untuk menjalankan kapalnya. Dan untuk memudahkan kapal meluncur maju, kapal ini dibuat dengan bentuk cerutu. Kapal cerutu ini membawa 2 awak kapal dan sudah mampu menyelam beberapa jam.

Kapal selam yang lebih maju lagi dipunyai Angkatan Laut AS pada tahun 1900. Penciptanya bernama John PG Holland dan kapalnya dinamakan Holland. Panjang kapal 1.590 centimeter, dijalankan dengan tenaga mesin bensin dan listrik. Karena merupakan bagian peralatan militer, kapal ini dilengkapi dengan persenjataan, di antaranya torpedo, dengan lontaran tekanan udara.

Tapi dalam pemakaiannya, bahan bakar bensin sering membahayakan kapal itu sendiri. Kemudian untuk mengatasi masalah ini, dibuat mesin dengan bahan bakar yang lebih aman, yaitu solar, dengan mesin diesel. Ini terjadi pada tahun 1905 dan pelopornya adalah Inggris. Kapal selam bertenaga diesel ini kemudian menjadi bakuan kapal-kapal selam berikutnya. Sekarang ini ada kapal selam yang berkekuatan sampai 1.000-1.600 tenaga kuda pada dieselnya.

Setelah Perang ke-2 Dunia (P2D), peralatan dan kemampuan kapal selam maju lebih jauh lagi. Dalam perang itu -misalnya- kapal selam AL-AS juga menggunakan mesin diesel jenis Fleet. Kapal selam mereka panjangnya 90 meter, dengan awak kapal 85 orang, berkecepatan 20 knot di atas air dan 10 knot di dalam air, 10 buah laras torpedo terpasang di bagian depan dan belakang kapal, dengan kemampuan melepaskan 24 buah torpedo setiap laras. Setiap torpedo berisi sekitar 250 kiligram bahan peledak. Kecepatan kapal selam ini sesungguhnya bisa mencapai 45 knot, tapi dengan alasan keamanan kapal itu sendiri, kecepatan yang dipergunakan hanya 20 knot. Dengan kecepatan ini torpedo dapat dilontarkan dengan kecepatan 29 knot.

AS malah semakin menunjukkan kekuatan pertahanan laut yang semakin kokoh. Pada tahun 1954, AL-AS membuat sejarah baru, dengan meluncurkan kapal selam pertama bertenaga nuklir, bernama Nautilus. Pada tahun itu pula semua puncak kemampuan dan kecepatan kapal selam ditumbangkan olehnya. Nautilus pun menjadi kapal selam pertama yang berhasil melintasi Kutub Utara pada tahun 1958.

Ada puncak lain yang dibuat, tapi oleh kapal selam lain bernama Triton. Tahun 1960 Triton berhasil mengarungi seluruh lautan di dunia di bawah air. Kapal ini melintasi 66.970 kilometer dan mengarunginya dalam 84 hari saja. Bukan cuma itu, pada tahun 1960 AS juga telah mulai melengkapi kapal-kapal selam mereka dengan peluru kendali (rudal) antarbenua. Rudal balistik ini bisa melewati 1.930 kilometer dan menghancurkan negara yang dituju. 


Tapi bukan AS saja yang punya kapal selam nuklir. Soviet juga punya. Bahkan menurut ahli-ahli militer dunia, Soviet punya armada kapal selam yang lebih banyak. Soviet punya sekitar 350 kapal selam, dengan sekitar 60 kapal selam dipersenjatai rudal balistik. AS cuma punya 135 kapal selam dengan 40 di antaranya bersenjata rudal balistik. Mereka berdua memang tukang perang, sehingga memang harus punya peralatan perang yang banyak.

Negara-negara lain yang lebih cinta damai sudah tentu punya peralatan yang lebih sedikit. Contohnya Indonesia, yang hanya memiliki 4 buah kapal selam, 2 buatan Soviet dan 2 buatan Jerman Barat. Yang lebih awal diberi nama Pasopati dan Bramastra, sedang yang disebut terakhir Nanggala dan Cakra. 


Prinsip kerja kapal selam 

kapal selam bekerja berdasarkan prinsip yang cukup sederhana, yakni kenyataan bahwa udara lebih ringan daripada air. Jika anda mengambil cangkir teh anda dan membaliknya lalu anda mendorong cangkir tersebut di dalam ember yang penuh berisi air, anda harus menerapkan banyak tekanan untuk melakukannya. Tapi begitu anda melepaskan tekanan tersebut, cangkir dengan segera akan mengapung kembali ke atas. Cangkir dapat mengapung kembali karena udara yang terjebak di dalamnya membuat cangkir lebih ringan dari air.

Posisi mengapung 



Posisi Menyelam






JENIS JENIS KAPAL SELAM BERDASARKAN TENAGA PENGGERAK (PROPULSI)

  • Kapal Selam Diesel Elektrik
    • Kapal selam diesel elektrik adalah sistem penggerak kapal selam tertua yang masih digunakan sampai saat ini. Sistem propulsi ini begitu handal sehingga negara pemilik kapal selam nuklir pun masih merasa perlu memiliki kapal selam diesel elektrik. Dari 5 negara pemilik kapal selam nuklir hanya Amerika Serikat yang tidak menggunakan sistem propulsi ini. Dalam keadaan tertentu , kapal selam jenis ini lebih mematikan daripada kapal selam nuklir.
  • Kapal Selam Nuklir
    • Munculnya Kapal Selam Nuklir
      • Sekitar enam bulan sebelum pecahnya PD II, pada Maret 1939 Dr George Pegram dari Columbia University, New York, mengusulkan kepada Angkatan Laut AS ( US Navy ) untuk mengembangkan pemakaian uranium sebagai sumber daya, termasuk untuk menggerakkan turbin kapal selam. Angkatan Laut tertarik dan memulai riset. Tetapi setelah pengboman Pearl Harbour dan AS terlibat dalam perang, semua material yang berkaitan dengan tenaga atom ditarik, dipusatkan untuk " Proyek Manhattan " guna pembuatan bom atom pertama ( Little Boy dan Fat Man )
  • Kapal Selam Engineless

JENIS JENIS KAPAL SELAM BERDASARKAN FUNGSI

  1. Kapal Selam Militer
  2. Kapal Selam Non Militer



Kapal Selam Perang Paling Canggih



1. Virginia Class – USA
Kecepatanya mencapai 25 knot dengan spesifikasi senjata tempur 12 x vertical launch system tubes for UGM-109 Tomahawk missiles4 x 533-mm bow tubes for Mk.48 torpedoes, Smart mines in place of torpedoes. 






2. Akula II Class – Soviet Union
Kecepatan mencapai 12 knot dengan spesifikasi senjata tempur 4 x 650 mm and 4 x 533-mm torpedo tubes for up to 40 torpedoes or missiles OR Up to 42 mines in place of torpedoes. 





3. Seawolf Class – USA
Kecepatan mencapai 18 knot dengan spesifikasi senjata tempur 8 x 660-mm torpedo tubes for 50 torpedoes or cruise missiles OR Up to 100 mines in place of torpedoes or missiles. 





4. Astute Class – UK
Kecepatanya mencapai 29 knot dengan spesifikasi senjata tempur Tomahawk cruise missiles; Harpoon anti-ship missiles in place of torpedoes6 x 533-mm bow tubes for 36 Spearfish torpedoesOR. Mines in place of torpedoes. 






5. Type 093 Shang Class – China
Kecepatanya mencapai 35 knot dengan spesifikasi senjata tempur YJ-82 anti-ship missiles6 x 533-mm torpedo tubes. 





6. Trafalgar Class – UK
Kecepatanya mencapai 30 knot dengan spesifikasi senjata tempur 5 x 21 inch torpedo tubesTomahawk land-attack cruise missilesSpearfish wire-guided heavyweight torpedoes. Harpoon anti surface missiles. 




7. Sierra Class – Soviet Union
Kecepatan mencapai 10 knot dengan spesifikasi senjata tempur SS-N-15 Starfish or SS-N-16 Stallion anti- submarine missiles; SS-N-21 Samson cruise missiles4 x 650-mm and 4 x 533-mm torpedo tubesOR, 42 mines in place of torpedoes. 






8. Victor III Class – Soviet Union
Kecepatan mencapai 32 knot dengan spesifikasi senjata tempur 2 x SS-N-15 ‘Starfish’ anti-submarine missiles, plus 2 x SS-N-21 ‘Sampson’ cruise missiles or 2 x SS-N-16 ‘Stalion’ missiles2 x 650-mm and 6 x 533-mm bow tubes (two 533-mm tubes with 406-mm liners). 6 x 650-mm torpedoes an up to 18 x 533-mmOR, 36 ground mines in place of torpedoes. 





9. Rubis Class – France
Kecepatan mencapai 25 knot dengan spesifikasi senjata tempur 4 Anti-submarine tubesF17 mod2 torpedoes14 Exocet SM39OR, Mines in place of torpedoes. 




10. Los Angeles Class – USA
Kecepatan mencapai 20 knot dengan spesifikasi senjata tempur 4 bow tubes10Mk48 ADCAP torpedo reloadsTomahawk land attack missile block 3 SLCM, Harpoon anti–surface ship missile, Mine laying Mk67, Mobile Mk60 captor mines. 


Kapal Selam Mini Canggih


1. Hyper-Sub 




Woow powerboat yang bisa menjadi kapal selam ini seharga Rp. 31.150.000.000. dirancang oleh Marion HSPD.

Powered by twin 440 hp diesel kapal untuk total output 880 hp, Hyper-Sub memiliki kecepatan permukaan maksimum 40 knot dan jarak permukaan maksimum 500 mil. Dalam mode penyelaman Hyper-Sub dapat terjun hingga 250 kaki, dan menawarkan dukungan pusar SCUBA. 



2. Yellow Submarine 



Ini merupakan kapal selam personal,hanya terdapat 2 tempat duduk didalamnya. Daya selamnya mencapai 1000 kaki dan oksigennya bertahan 6 jam. Kapal selam ini dilengkapi 120 volt dan 24 volt baterai bank, dua 3 pendorong tenaga kuda,dua 3 pendorong tenaga kuda vertical, empat lampu halogen eksternal, radio komunikasi VHF,dan GPS. 

3. EGO Compact Semi Submarine 


4. Seabreacher X 

Disebut X Seabreacher, hiu air ini berbentuk kapal selam yang luar biasa membanggakan "mesin supercharged 260 hp, mendorong kapal ke kecepatan tertinggi 50 mph di permukaan dan 25 mph di bawah air." 

5. Deep Flight Super Falcon 



Merupakan ciptaan terbaru dari marine engineer Graham Hawkes. Deep Flight Super Falcon merupakan kapal selam bersayap seharga Rp. 13.350.000.000 bertenaga baterai yang terlihat seperti pesawat, kecuali ia "terbang" bawah air.

Menurut Hawkes, kapal ini "terbang" seperti pesawat jet, dengan motor listrik mengontrol roll, pitch dan yaw.Kapal selam ini bisa terbang ke bawah dengan kecepatan maksimal sebesar 200 kaki per menit, ke atas dua kali itu kecepatan dan terus terbang untuk maksimal lima jam pada 4 knot - sekitar 4,6 mph. 


6. Scubster 


Scubster adalah kapal selam pribadi bertenaga manusia terbuat dari serat karbon. dirancang oleh Stephane Rousson untuk mengambil bagian dalam International Submarine Race, kecepatan maksimal 6 mph dan dapat mencapai kedalaman 20 meter. 

7. Pig Trough Submarine 

Karya Remaja berumur 14thn yang antusias pada angkatan laut ini menghabiskan waktu 4 thn untuk membuat kapal selamnya sendiri.

8. Nautilus VAS Luxury Submersible 



Nautilus VAS Luxury Submersible adalah kapal selam swasta yang dirancang untuk memulai off yacht. Itu punya konstruksi kelas militer kelas, jadi jika Anda entah bagaimana masuk ke sebuah situasi di mana orang akan menembak Anda, Anda seharusnya aman. Dan hei, ia memiliki minibar dan stereo di dalamnya! 

9. Trilobis 65 

Arsitek angkatan laut Italia Giancarlo Zema bermimpi besar - sangat besar ketika ia merancang kapal selam yang disebut Trilobis 65. Pada pandangan pertama, Trilobis tampak seolah-olah akan lebih menjulang ke langit dari plying perairan atol, teluk dan taman laut. Melihat gambar komputer busur memunculkan visi dari piring terbang tahun 1950-an film-film fiksi ilmiah. Kapal selam ini rencananya menggunakan bahan bakar hydrogen nonpolluting. 

10. RC Steampunk Nautilus Submarine 

Remote control replica Nautilus Submarine dari 20,000 Leagues Under the Sea ini diciptakan oleh Bob Martin.

Remote mengontrol sub 66,5 inci didasarkan pada kit replika skala 1:32 disney. Kapal selam Steampunk telah dibangun dengan susah payah untuk mengikuti detail kecil dalam konstruksi dan fungsi. Memiliki silinder kedap air, tangki ballast, dan kontrol servo, semua didukung oleh baterai lithium ion untuk memastikan bahwa kapal selam fungsional. 


Kapal Selam Indonesia

KRI NANGGALA 






KRI CAKRA




Saat ini pemerintah indonesia telah memesan beberapa kapal selam baru , kita tunggu saja realisasi dan kedatangan kapal selam tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar